Bukit Menoreh

Bukit Menoreh

Indonesia punya banyak cerita

Masjid Cheng Ho

Masjid Cheng Ho

Indonesia punya banyak cerita

Istana Burung

Istana Burung

Indonesia punya banyak cerita

Top Selfie Pinus

Top Selfie Pinusan Kragilan

Indonesia punya banyak cerita

Minggu, 15 Mei 2016

3 Kata Sakti : Tolong, Maaf dan Terima Kasih



Tolong, maaf dan terimakasih kayaknya udah jadi kata yang sering didengar atau diucapkan semua orang. Bahkan kata-kata itu pasti diajarkan oleh para orang tua semenjak dini. Anak-anak dibiasakan oleh orang tua mereka untuk mengucapkan kata-kata tersebut. Tapi sekarang banyak orang yang lupa dengan adanya ketiga kata itu. Iya sih kata tolong, maaf dan terima kasih cuma kata simpel, tapi di balik itu semua ketiga kata itu punya arti yang penting bagi sebagian orang.


Tolong, untuk meminta bantuan.


   Kita nggak hidup sendirian di dunia ini, banyak orang yang ada di sekitar kita—saling berdampingan. Nggak selamanya kita bisa mengerjakan segala sesuatunya seorang diri, ada kalanya kita butuh bantuan dari orang lain, jadi nggak usah segan buat bilang ‘tolong donk’ ke orang lain.

      “Eh Jon, tolong ambilin buku aku yang ada di sebelah kamu nggak?”
      “Bro, bisa tolong kirimin e-mail materi kemaren kagak?”

      Dan masih banyak hal-hal simpel lainnya yang bisa kita sisipkan dengan ‘tolong’.


Maaf, untuk mengakui kesalahan.


      Ngakuin kesalahan emang nggak gampang tapi minta maaf juga nggak bikin harga diri kita turun kok. Dengan kita minta maaf terlebih dahulu berarti kita punya jiwa yang besar buat ngakuin kesalahan. Jadi nggak usah gengsi deh buat minta maaf duluan kalo emang salah.

      “Eh, sorry gue telat, ketiduran nih”
      “sorry ya udah nunggu lama”


Terima kasih, bentuk penghargaan.


“Ayo Aldi, bilang apa ke tante udah dikasih permen?”
“Makasih tante”

      Terima kasih kayaknya kata yang paling banyak diucapin sama orang dibanding tolong dan maaf, seenggaknya ketika nggak ada kata tolong, kata terima kasih sedikit banyak diucapin ketika kita sudah menerima barang atau jasa—atau bantuan. Contohnya kita naik angkot atau bus, waktu kita turun kita bilang makasih ke supir-nya. Kenapa? Harus banget ya kita kan bayar juga naiknya? Kita bayar dan mereka menyediakan jasa. Impas donk? Buat apa bilang makasih? Menurut saya sendiri kita bilang makasih karena supir itu sudah mengantarkan kita ke tempat tujuan dengan selamat, dalam bahasa gaul-nya sih “makasih ya Pak udah menyupir dengan baik, makasih udah nyupir dengan sadar dan nggak pake ngantuk jadi gue selamat sampe tujuan” gitu sih.

Siapa sih orang yang nggak seneng diucapin terima kasih? Kayaknya nggak ada deh meskipun orang yang diucapin terimakasih nggak mesti ngejawab dengan ‘terima kasih kembali’ atau bahkan ‘sama-sama’ tapi meskipun begitu mereka pasti merasa kalau mereka dihargai.


Semua orang pasti ingin dihargai, dan kata tolong, maaf atau terima kasih adalah wujud penghargaan seseorang kepada orang lain. Ketiga kata itu nggak harus diucapin sama orang yang lebih muda ke orang yang lebih tua, kata-kata itu diucapkan oleh siapa saja baik yang muda ke yang tua ataupun yang tua ke yang muda ketika mereka mendapatkan—atau—perlu mengucapkan. Dan dalam praktiknya ketiga kata itu nggak harus diucapkan secara lisan tapi juga secara tulisan.




      Ayo pake 3 kata ajaib itu biar orang tahu kalo kita menghargai mereka!

0 komentar:

Posting Komentar